Macam-macam karakter anak di usia dini

Karakter atau watak merupakan sifat bawaan dari kedua orang tua si anak. Karakter ini terkadang dapat menjadikan orang tua merasa kesulitan untuk mengerti dan memahami apa yang dikerjakan anak sehingga orang tua lebih cenderung membiarkan atau bahkan melakukan tindakan dengan memarahi dan lainnya.

Dengan permasalahan yang seperti ini kadang orang tua mrasa kesal dan salah kaprah dalam menangani perilaku anak. Untuk itu dibutuhkan pengertian serta wawasan bagi orang tua untuk dapat memahami karakteristik anak, sehingga orang tua dapat menanggapinya secara tepat dan tidak memberikan dampak negatif pada psikologi anak. Berikut ini ada beberapa karakteristik umum yang dimiliki oleh anak usia dini:

1. Unik

Ya unik, setiap anak yang terlahir sudah memiliki keunikan tersendiri. Hal inilah yang menjadikan manusia memiliki perbedaan antara satu dengan lainnya.Karakter ini meliputi sifat bawaan, kapabilitas, minat, dan latar belakang.

2. Egosentris

Sifat ini sudah pasti dimiliki oleh setiap anak. Hal ini dapat dibuktikan dengan sikap anak yang cenderung memahami dan memperhatikan suatu hal hanya dari sudut pandang kepentingan sendiri saja.

3. Aktif dan Energik

Saat anak sudah mulai berkembang, biasanya mereka senang sekali melakukan berbagai aktifitas. Mereka seolah-olah tidak pernah lelah, tidak pernah merasa bosan, dan tidak pernah mau berhenti beraktifitas kecuali ketika mereka tidur.

4. Rasa ingin tahu yang kuat

Bukan anak kecil jika mereka tidak memiliki rasa ingin tahu yang kuat. Umumnya setiap anak memiliki rasa penasaran dan ingin mengetahui ini dan itu. Setiap saat mereka ingin mengetahui hal-hal baru yang mereka belum ketahui.

5. Eksploratif dan berjiwa petualang

Rasa ingin tahu yang kuat biasanya diiringi dengan menjelajahi sesuatu dan berjiwa petualang. Misalnya anak senang berjalan kesana kemari, mencorat-coret dinding, senang membongkar mainan yang baru dibelinya, dan sebagainya.

6. Spontan

Karakter yang selanjutnya adalah sifat spontan yang ada pada anak. Perilaku dan sikap yang dilakukan pada anak umumnya adalah sikap asli mereka dan tanpa ada sikap rekayasa. Hal ini dapat anda jumpai ketika anak sering berbicara ceplas-ceplos dan merefleksikan apapun yang ada dalam hati dan pikiran mereka.

7. Senang dan kaya dengan fantasi

Anak biasanya suka terhadap hal-hal yang imajinatif. Misalnya cerita dongeng. Mereka tidak hanya senang mendengarkan orang lain bercerita, tetapi mereka juga senang bercerita kepada orang lain.

8. Mudah frustasi

Rasa ingin tahu yang berlebih dan tidak segera dituruti akan menjadikan anak mudah frustasi. Sikap yang sering mereka lakukan ketika merasa frustasi biasanya mereka ungkapkan dengan marah, menangis, dan sebagainya.

9. Kurang Pertimbangan

Anak biasanya kurang mempertimbangkan hal-hal yang mereka akan lakukan. Apakan yang dilakukan itu berbahaya bagi dirinya ataukah tidak. Misalnya ketika mereka bermain dengan benda-benda tajam, mereka lebih cenderung memainkannya daripada mendengarkan perkataan orang tuanya.

10. Daya perhatian yang pendek

Karakter yang selanjutnya adalah anak pada umumnya memiliki daya perhatian yang pendek. Misalnya ketika mereka memperhatikan sesuatu apalagi yang bersifat membosankan, mereka akan secepatnya menolak/ menghindar dan segera memperhatikan hal-hal yang menarik dan menyenangkan bagi dirinya.

11. Semangat belajar yang tinggi

Ketika anak mempunyai keinginan yang menyenangkan dan menarik perhatiannya, biasanya mereka akan terus mencari cara untuk memahami apa yang mereka inginkan tadi. Misalnya mereka tertarik untuk mewarnai, maka mereka akan melakukan kegiatan mewarnai berulang-ulang sehingga mereka merasa bisa.

12. Semakin menunjukkan minat terhadap teman

Seiring pertumbuhan anak, mereka akan menunjukkan minat dan bersosialisasi dengan temannya. Misalnya mereka melakukan kerja sama atau berhubungan dengan temannya dengan cara meminjamkan mainannya atau membagikan makanan yang mereka punya.

Semoga dengan Anda mengetahui macam-macam karakter ini, anda dapat mendidik anak anda dengan sebaik mungkin. Semoga bermanfaat.

No comments